Wednesday, February 24, 2016

Pengertian kesulitan

Kesulitan adalah situasi atau kondisi yang sulit, atau sesuatu yang merupakan tragedi atau ketidakberuntungan. Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya, yang membedakannya adalah bagaimana reaksinya terhadap kesulitan-kesulitan tersebut. Beberapa orang merasa takut terhadap kesulitan dan mencoba untuk menghindarinya dengan segala cara. Tapi, tanpa kesulitan, tidak akan ada pembelajaran, tidak ada pertumbuhan, dan tidak ada penemuan. Misalnya seorang atlet harus mendorong dirinya sendiri kepada titik optimal jika mereka ingin mencapai penampilan puncaknya. Otot-otot akan tumbuh menjadi lebih kuat jika secara konstan dilatih.

Pelaut yang terbaik adalah pelaut yang telah belajar untuk menguasai badai, kabut, perairan asing, dan masalah-masalah yang ada di dalam kapalnya. Berapa banyak pelajaran yang diperoleh seorang pelaut handal jika setiap hari pelayarannya selalu sempurna dan tanpa kesulitan?

Dari contoh-contoh tersebut jelas terlihat bahwa kesulitan bisa membuat seseorang menjadi lebih kuat dan tangguh. Anda akan memperoleh banyak manfaat dari kesulitan-kesulitan anda. Oleh karena anda tidak bisa menghindari kesulitan, anda mungkin bisa belajar untuk menghargai segala manfaatnya. Saat anda menyadari peran vital dari kesulitan terhadap kesuksesan anda, cara pandang anda secara mental akan menjadi lebih positif dan level frustasi serta sikap negatif lainnya akan segera sirna.

Saat anda menghadapi suatu kesulitan, perlakukan ia sebagai sebuah peluang dan bukan sebagai sesuatu yang harus anda hindari. Dengan melakukannya akan memungkinkan anda untuk menggunakannya sebagai sebuah batu loncatan dan tidak akan merasa goyah karenanya. Dengan setiap kesulitan yang anda atasi, anda akan memperoleh banyak pengetahuan berharga dan akan bertumbuh menjadi lebih kuat.

Orang-orang yang takut terhadap kesulitan akan membiarkan diri mereka tenggelam olehnya. Saat mereka melakukan segala yang mereka bisa untuk menghindari kesulitan, sebenarnya mereka sedang mengundang lebih banyak kesulitan ke dalam hidupnya.

Oleh karena itu, lebih baik kita menghargai adanya kesulitan daripada menjadi gentar terhadapnya. Membutuhkan banyak keberanian untuk menghindari sikap pengecut. Sekali lagi, oleh karena kesulitan adalah bagian yang tidak terhindarkan dari kehidupan dan juga sangat esensial bagi kesuksesan, anda harus menghadapinya dengan sikap positif.

Referensi:
http://www.presspublications.com/opinionscolumns/146-dare-to-live-without-limits/3359-facing-adversity-builds-character-

No comments:

Post a Comment