Tuesday, February 16, 2016

Pengertian penawaran uang

Penawaran uang atau persediaan uang, dalam ilmu ekonomi, adalah jumlah total dari aset-aset moneter yang tersedia dalam suatu perekonomian pada waktu yang spesifik. Ada beberapa cara untuk mendefinisikan “uang”, tapi pengukuran standarnya biasanya termasuk mata uang dalam peredaran dan demand deposit.

Data penawaran uang direkam dan dipublikasikan, biasanya oleh pemerintah atau bank sentral dari negara. Analis sektor publik dan privat memonitor perubahan dalam penawaran uang karena efeknya terhadap tingkat harga, inflasi, nilai tukar, dan siklus bisnis.

Hubungan antara uang dan harga secara historis berkaitan dengan teori kuantitas uang. Ada bukti empiris yang kuat dari hubungan langsung antara pertumbuhan penawaran uang dan inflasi harga dalam jangka panjang, setidaknya untuk peningkatan secara pesat dari jumlah uang dalam perekonomian. Inilah satu alasan bagi ketergantungan terhadap kebijakan moneter sebagai suatu alat untuk mengendalikan inflasi.

Sifat dari keterkaitan kausal ini menjadi subyek perdebatan bagi para ekonom. Beberapa ekonom heterodox berpendapat bahwa penawaran uang adalah endogen (ditentukan oleh jalannya perekonomian, bukan oleh bank sentral) dan bahwa sumber-sumber dari inflasi harus ditemukan di dalam struktur distribusional dari perekonomian.

Para ekonom yang melihat kendali bank sentral terhadap penawaran uang adalah lemah mengatakan bahwa ada dua tautan lemah diantara pertumbuhan dari penawaran uang dan tingkat inflasi. Pertama, setelah berakhirnya resesi, saat banyak sumber daya digunakan secara tidak maksimal, peningkatan di dalam penawaran uang bisa menyebabkan peningkatan berkesinambungan pada produksi riil daripada terhadap inflasi. Kedua, jika kecepatan uang (misalnya rasio antara GDP nominal dan penawaran uang) berubah, peningkatan dalam penawaran uang bisa tidak memiliki efek apapun, efek yang berlebihan, atau efek yang tidak bisa diprediksi terhadap pertumbuhan dari GDP nominal.

Fungsi utama dari bank sentral adalah untuk memelihara inflasi tetap rendah dan tingkat pengangguran juga tetap rendah, meskipun tujuan ini kadang-kadang tidak bisa berjalan bersama. Bank sentral mungkin mencoba untuk melakukan ini dengan secara artifisial mempengaruhi permintaan barang dengan meningkatkan atau menurunkan penawaran uang, yang akan menurunkan atau meningkatkan tingkat suku bunga, yang akan menstimulasi atau menahan pembelanjaan terhadap barang dan jasa.

No comments:

Post a Comment