Saturday, February 20, 2016

Pengertian psikologi tingkah laku

Psikologi tingkah laku adalah bidang psikologi yang menjelaskan semua aktivitas mental dan fisik dalam hal respon yang dikeluarkan terhadap faktor eksternal (stimuli). Psikologi tingkah laku menyatakan bahwa:
(1)    Tingkah laku adalah dikondisikan dan ditentukan oleh hasil dan konsekuensinya sendiri (penghargaan dan hukuman).
(2)    Tingkah laku manusia bisa dipahami dengan cara meneliti tingkah laku hewan.
(3)    Hanya aspek-aspek tingkah laku yang bisa diobservasi dan diukur yang pantas untuk diteliti.
(4)    Mengulangi cara-cara yang sama akan membawa penguasaan terhadap sesuatu yang sifatnya setara dengan pemahaman.
(5)    Pengetahuan adalah sesuatu yang diberikan oleh seorang instruktur dan diambil oleh seorang pembelajar.
(6)    Seorang instruktur harus berfokus kepada mengubah tingkah laku si pembelajar dan bukan berusaha mengubah pola berpikirnya.

Psikologi tingkah laku adalah cabang psikologi yang berfokus kepada studi dan perubahan tingkah laku manusia, termasuk tindakan, emosi, dan pemikiran mereka. Ada empat subdisiplin dari psikologi tingkah laku: analisa tingkah laku terapan, terapi tingkah laku, terapi kognitif dan terapi kognitif-tingkah laku. Teknik-teknik yang bisa diaplikasikan diantaranya restrukturisasi kognitif, pemodelan tingkah laku dan, yang paling mendasar, pengkondisian klasik dan operant.

Para peneliti dan ilmuwan yang mempelajari psikologi tingkah laku mencoba untuk memahami kenapa kita berperilaku seperti apa yang telah tunjukkan dan mereka ingin menemukan pola-pola dalam tindakan dan tingkah laku kita. Harapannya adalah bahwa jika kita bisa menggunakan psikologi tingkah laku untuk membantu kita dalam memprediksi bagaimana manusia akan berperilaku, kita bisa membangun kebiasaan yang lebih baik sebagai individual, menciptakan produk yang lebih baik bagi perusahaan, dan mengembangkan ruang hidup yang lebih baik sebagai komunitas.

Contoh penggunaan kata “psikologi tingkah laku” dalam kalimat:
-    Saya ingin mempelajari psikologi tingkah laku di sekolah karena ia adalah subjek yang sangat menarik bagi saya dan saya ingin tahu lebih banyak tentangnya.
-    Psikologi tingkah laku adalah sangat vital untuk digunakan dalam upaya kita untuk memahami target pasar dan bagaimana kecenderungan mereka untuk mendasarkan keputusan mereka.

Referensi:
http://jamesclear.com/behavioral-psychology

http://learn.org/articles/What_is_Behavioral_Psychology.html

No comments:

Post a Comment