Sunday, February 21, 2016

Pengertian pengembangan karir

Pengembangan karir adalah proses seumur hidup dalam mengelola pengalaman kerja anda atau karyawan anda di dalam atau diantara organisasi. Banyak universitas memiliki departemen pengembangan karir yang menawarkan pendampingan informasional dan penempatan kepada para lulusan yang sedang mencari peluang untuk mengembangkan karir mereka di sektor bisnis.

Seringkali saat seseorang mendapatkan pekerjaan, mereka terjebak di dalamnya karena mereka tidak memiliki rencana untuk menentukan langkah berikutnya dalam karir mereka. Para profesional sejati harus memikirkan soal tipe keterampilan yang mereka miliki dan kemana mereka akan mengarah secara profesional. Menciptakan tujuan-tujuan pengembangan karir akan bisa mengatasi isu-isu tersebut. Jika anda memiliki kemauan dalam mengambil langkah selanjutnya dalam karir anda atau membuat beberapa perubahan profesional, anda memiliki segala opsi yang tersedia yang akan membantu anda dalam menentukan tujuan.

Beberapa tips dalam pengembangan karir:
1.    Selalu tempatkan diri anda di samping bos. Kembangkan hubungan baik dengan atasan anda. Bos anda bisa menjadi aset yang sangat berharga dalam menciptakan tujuan pengembangan karir anda di perusahaan tempat anda bekerja.

2.    Membuat tujuan pengembangan yang konkrit dan bisa diukur. Hindari tujuan seperti “Saya ingin menjadi lebih baik dalam bidang kerja saya.” Namun tetapkan tujuan yang berbunyi “Saya akan menjadi salesman dengan penjualan terbanyak dalam enam bulan ke depan.”

3.    Buatlah catatan dari keseluruhan proses dalam tujuan pengembangan karir anda, dari mulai obrolan ringan bersama atasan sampai kepada mencapai beberapa poin dari tujuan anda. Mendokumentasikan semua perkembangan selama proses pengembangan karir anda akan membantu anda dalam memiliki informasi berharga yang bisa anda gunakan sebagai bahan evaluasi.

4.    Tentukan waktu untuk melakukan evaluasi. Tujuan yang konkrit, seperti misalnya “Menjadi manajer penjualan dalam satu tahun ke depan” atau “Memiliki perusahaan sendiri dalam lima tahun ke depan” hanya bisa diwujudkan jika anda secara rutin mengevaluasi perkembangan anda. Lakukan pertemuan dengan orang yang anda percaya untuk melakukan evaluasi bersama anda. Hal itu untuk menghindari terjadinya penilaian yang terlalu subyektif jika anda melakukan evaluasi sendirian, dan juga bisa memberi anda pandangan-pandangan yang mungkin tidak anda ketahui sebelumnya.

Referensi:
http://smallbusiness.chron.com/establish-career-development-goal-10400.html

No comments:

Post a Comment