Sunday, February 21, 2016

Pengertian filosofi bisnis

Filosofi bisnis adalah teori yang digunakan untuk menentukan bagaimana sebuah bisnis menangani area-area operasional yang berbeda, yaitu bagaimana sebuah perusahaan dibentuk dan beroperasi di dalam area-area seperti pembukuan, manajemen, pelatihan, relasi publik, pemasaran dan operasional bisnis.

Selain pengertian di atas, filosofi bisnis adalah seperangkat kepercayaan dan prinsip yang dimiliki oleh perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Ini seringkali dimaksudkan sebagai pernyataan misi atau visi perusahaan. Filosofi bisnis menjelaskan tentang tujuan perusahaan secara keseluruhan. Filosofi tersebut juga menggarisbawahi nilai-nilai yang penting bagi perusahaan. Sebagai sebuah entitas bisnis, filosofi perusahaan adalah refleksi nilai-nilai dari pemimpinnya. Setelah perusahaan menciptakan filosofi bisnisnya, ia harus menanamkan filosofi tersebut kepada para karyawannya.

Jika para karyawan tidak mengetahui tujuan utama dari perusahaan atau nilai-nilai yang dimilikinya, mereka bisa merasa tersesat dalam kehidupan kerja mereka sehari-hari. Para karyawan tidak akan mampu bekerja secara efektif karena mereka tidak benar-benar memahami makna dari apa yang mereka kerjakan. Dengan memapankan pernyataan misi dan visi perusahaan, mereka bisa menghindari isu-isu tersebut.

Sebuah filosofi bisnis yang bagus akan berhasil dalam memantapkan nilai-nilai, kepercayaan dan prinsip-prinsip perusahaan. Menciptakan suatu filosofi akan memakan banyak waktu dan usaha dari pemimpin bisnisnya. Dalam merumuskan filosofinya, pemimpin harus bertanya kepada dirinya sendiri, “Apa sifat alami dari bisnis saya?” “Siapa pelanggan saya?” “Nilai apa yang penting bagi saya?” dan “Apa visi saya terhadap perusahaan?” Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membentuk dasar dari filosofi bisnis yang kuat.

Setelah perusahaan menciptakan filosofi bisnisnya, maka ia harus mengkomunikasikannya kepada para karyawan. Ada banyak cara untuk melakukannya. Banyak perusahaan mengenalkan filosofi bisnisnya selama proses orientasi karyawan baru. Beberapa perusahaan menampilkan pernyataan misi perusahaan pada website, logo, poster dan sarana lainnya sebagai cara untuk secara kontinyu mengingatkan para karyawan terhadap visi dan misi perusahaan. Apapun cara yang digunakan oleh perusahaan, sangat penting untuk secara efektif mengkomunikasikan filosofinya kepada para karyawan.

Referensi:
http://smallbusiness.chron.com/importance-business-philosophy-37798.html

No comments:

Post a Comment