Friday, February 26, 2016

Pengertian keterampilan interpersonal

Keterampilan interpersonal adalah keterampilan kehidupan yang kita gunakan setiap hari untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, baik secara individual atau dalam kelompok. Orang yang berlatih untuk mengembangkan keterampilan interpersonal yang kuat biasanya lebih sukses dalam kehidupan profesional dan personal mereka.

Para majikan seringkali mencari staf yang memiliki keterampilan interpersonal yang kuat; mereka menginginkan orang-orang yang akan bekerja dengan baik di dalam tim dan mampu untuk berkomunikasi secara efektif dengan para kolega, pelanggan dan klien.

Keterampilan interpersonal bukan hanya penting di tempat kerja, kehidupan pribadi dan sosial kita pun akan sangat diuntungkan dari adanya keterampilan interpersonal yang lebih baik. Orang-orang dengan keterampilan interpersonal yang bagus biasanya dianggap sebagai orang yang optimis, kalem, percaya diri dan karismatik – kualitas-kualitas yang seringkali menarik bagi orang lain.

Cara meningkatkan dan mengembangkan keterampilan interpersonal anda
Belajar mendengarkan. Mendengarkan tidaklah sama dengan hanya menangkap suara di dalam telinga kita. Beri perhatian penuh terhadap apa yang orang lain katakan dengan cara memperhatikan komunikasi verbal dan non-verbal mereka.

Pilih kata-kata anda. Berhati-hatilah terhadap kata-kata yang anda gunakan saat berbicara kepada orang lain.

Pahami kenapa komunikasi mengalami kegagalan. Komunikasi jarang sekali terjadi secara sempurna dan ia bisa gagal untuk sejumlah alasan. Pelajari tentang berbagai macam rintangan terhadap komunikasi yang baik sehingga nantinya anda akan menjadi lebih waspada dan mengurangi kecenderungan komunikasi interpersonal yang tidak efektif dan kesalahpahaman.

Santai dan rileks. Saat kita gugup, kita cenderung berbicara lebih cepat dan oleh karenanya ucapan kita menjadi kurang jelas. Cobalah untuk tetap tenang, lakukan kontak mata dan tersenyum. Biarkan kepercayaan diri anda bersinar.

Klarifikasi. Tunjukkan ketertarikan terhadap orang yang sedang berbicara kepada anda. Berikan pertanyaan dan cari klarifikasi terhadap poin apa saja yang bisa salah dipahami.

Bersikap positif. Cobalah untuk tetap positif dan menyenangkan. Orang-orang cenderung akan tertarik kepada anda jika anda bisa menjaga sikap yang positif.

Empati. Pahami bahwa orang lain mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda. Cobalah untuk melihat hal-hal dari perspektif mereka. Anda mungkin akan belajar sesuatu dan pada saat bersamaan mendapatkan respek dan kepercayaan mereka.

Referensi:
http://www.skillsyouneed.com/interpersonal-skills.html

No comments:

Post a Comment