Friday, February 12, 2016

Pengertian siklus bisnis

Siklus bisnis atau siklus ekonomi adalah pergerakan menurun dan menaik dari Produk Domestik Bruto (PDB) di sekitar tren pertumbuhan jangka panjangnya. Fluktuasi ini secara tipikal meliputi pergeseran sepanjang waktu antara periode pertumbuhan ekonomi yang relatif pesat (ekspansi atau boom), dan periode dari stagnasi relatif atau penurunan (kontraksi atau resesi). Jadi, suatu siklus bisnis adalah periode waktu yang mengandung kenaikan dan penurunan yang berturut-turut.

Siklus bisnis biasanya diukur dengan mempertimbangkan tingkat pertumbuhan dari produk domestik bruto yang riil. Meskipun disebut sebagai siklus, fluktuasi ini dalam aktivitas ekonomi dapat terbukti tidak bisa diprediksi. Siklus boom dan bust menunjukkan ekspansi terjadi secara pesat dan kontraksi terjadi secara tajam.

Siklus bisnis adalah tipe fluktuasi yang ditemukan dalam kegiatan ekonomi negara secara agregat yang mengatur kegiatan mereka utamanya dalam institusi bisnis: suatu siklus yang termasuk ekspansi yang terjadi pada waktu bersamaan dalam banyak kegiatan ekonomi, diikuti oleh resesi yang sama secara umum, kontraksi dan pemulihan kembali yang bergabung ke dalam fase ekspansi dari siklus berikutnya. Dalam hal durasi, siklus bisnis bervariasi dari mulai lebih dari setahun sampai kepada sepuluh atau dua belas tahun.

Siklus bisnis bukan hanya fluktuasi dalam aktivitas ekonomi agregat. Fitur utama yang membedakan mereka dengan variasi musiman atau jangka pendek lainnya adalah bahwa fluktuasinya secara umum tersebar pada segala aspek ekonomi – industri, transaksi komersial, dan finansial. Ekonomi dari dunia barat adalah suatu sistem dari bagian-bagian yang saling berkaitan secara erat. Dia yang ingin memahami siklus bisnis harus menguasai cara kerja dari suatu sistem ekonomi yang teratur secara luas dalam suatu jaringan usaha bebas yang mengejar keuntungan. Masalah dari bagaimana siklus bisnis terbentuk adalah terpisah dari masalah bagaimana ekonomi kapitalis berfungsi.

Dalam tahun-tahun belakangan ini, teori ekonomi telah bergerak menuju pembelajaran fluktuasi ekonomi dibanding kepada suatu siklus bisnis, meskipun beberapa ekonom menggunakan frase ‘siklus bisnis’ sebagai cara singkat yang nyaman. Menyebut siklus bisnis sebagai suatu siklus sebenarnya kurang tepat, karena siklus bisnis memiliki sifat yang tidak melingkar.

No comments:

Post a Comment