Sunday, February 14, 2016

Pengertian pemerintah

Pemerintah adalah suatu sistem yang mana negara atau komunitas dikendalikan. Pemerintah secara normalnya terdiri dari legislator, administrator, dan arbitrator. Pemerintah adalah suatu alat yang digunakan untuk memaksakan kebijakan negara, selain daripada suatu mekanisme untuk menentukan kebijakan dari suatu negara. Bentuk dari pemerintah, atau bentuk dari penguasaan negara, tertuju kepada seperangkat sistem dan institusi politik yang membentuk organisasi dari pemerintah secara spesifik.

Pemerintah dalam berbagai jenisnya sekarang ini mempengaruhi setiap aktivitas manusia dalam banyak cara yang penting. Untuk alasan ini, ilmuwan politik secara umum memperdebatkan bahwa pemerintah tidak seharusnya dipelajari secara tersendiri; tapi harus dipelajari bersama dengan antropologi, ilmu ekonomi, lingkungan hidup, sejarah, filsafat, sains, dan sosiologi.

Di permukaan, mengidentifikasi suatu bentuk dari pemerintah tampaknya sangat sederhana, karena semua pemerintah memiliki bentuk yang resmi. Amerika Serikat adalah suatu republik konstitusional, sementara Uni Soviet (pada masa lalu) merupakan suatu republik sosialis. Tapi, identifikasi diri sendiri adalah tidak objektif, karena mendefinisikan sebuah rezim bisa menjadi sangat membingungkan. Contohnya, pemilihan umum adalah karakter unik dari demokrasi, tapi pada prakteknya pemilihan umum di Uni Soviet tidaklah bebas dan adil karena hanya memiliki satu partai dalam negara. Oleh karenanya dalam klasifikasi yang praktikal tidaklah bisa disebut sebagai demokratis.

Akan selalu ada baying-bayang abu-abu dalam setiap pemerintah. Bahkan demokrasi yang paling liberal sekalipun membatasi aktivitas politik dari rivalnya sampai kepada satu batasan atau lebih, dan bahkan pemerintahan diktator yang paling tirani sekalipun harus mengorganisasikan dukungan yang berbasis luas, jadi adalah sangat sulit untuk mendefinisikan setiap negara ke dalam kategori yang sempit.

Beberapa bentuk pemerintah
-    Aristokrasi
Pemerintah dengan atribut aristokrasi secara tradisional dikendalikan dan diorganisasikan oleh kelompok kecil orang-orang, dengan tidak adanya intervensi dari sebagian besar masyarakat.

-    Autokrasi
Pemerintah dengan atribut autokrasi didominasi oleh satu orang yang memiliki semua kekuasaan di atas semua orang di dalam negara.

-    Monarki
Pemerintah dengan atribut monarki dikendalikan oleh seorang raja atau kaisar atau ratu yang biasanya memegang kekuasaan mereka selama seumur hidup.

-    Demokrasi
Pemerintah dengan atribut demokrasi adalah yang paling populer di dunia barat dan di dalam beberapa negara di timur yang telah mendapat pengaruh dari masyarakat barat. Dalam demokrasi, proporsi besar dari populasi bisa memilih, apakah untuk membuat keputusan atau untuk memilih perwakilan untuk membuat keputusan.

-    Oligarki
Pemerintah dengan atribut oligarki diperintah oleh sekelompok kecil orang yang berkuasa atau berpengaruh yang biasanya memiliki kepentingan yang sama dan/atau hubungan keluarga.

-    Republik
Republik adalah suatu bentuk pemerintah yang mana sebuah negara adalah dipertimbangkan sebagai suatu “urusan publik”, bukan urusan pribadi atau milik dari penguasa.

No comments:

Post a Comment