Thursday, February 18, 2016

Pengertian gaji pokok

Gaji pokok adalah jumlah uang yang dibayarkan kepada seorang karyawan oleh majikannya sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilakukannya. Gaji pokok tidak termasuk tunjangan, bonus atau kompensasi potensial lainnya dari majikan.

Perbedaan antara gaji pokok dengan total kompensasi
Gaji pokok adalah apa yang anda lihat pada slip gaji anda. Ia adalah jumlah bayaran yang anda terima untuk melakukan pekerjaan anda. Gaji pokok pada dasarnya adalah angka yang anda sebutkan saat orang-orang bertanya kepada anda berapa banyak gaji anda. Total kompensasi adalah segala yang perusahaan sediakan kepada para karyawan sebagai balasan dari pekerjaan yang mereka lakukan. Ia termasuk kepada gaji pokok, bonus, tunjangan dan lain sebagainya.

Saat melihat kepada total kompensasi, perusahaan menawarkan tipe-tipe tunjangan yang mendasar. Paket kompensasi termasuk asuransi kesehatan, bonus prestasi, dan rencana pensiun. Masing-masing dari mereka memberi beban kepada perusahaan dan memberi suatu nilai kepada para karyawan.

Perusahaan memiliki banyak cara unik untuk memberi kompensasi kepada para karyawannya. Ini mungkin berbiaya rendah, tapi bisa meningkatkan nilai total dari hasil kerja. Tunjangan anak-anak, keanggotaan klub fitness, pakaian kerja, skedul yang fleksibel dan hadiah-hadiah adalah contoh-contoh cara perusahaan dalam memberi kompensasi kepada para karyawannya. Anda mungkin tidak akan melihat nilai dari tunjangan-tunjangan ini di dalam slip gaji anda.

Contoh penggunaan kata ‘gaji pokok’ dalam kalimat
-    Saya menyadari bahwa Rp. 5.000.000,- akan menjadi gaji pokok saya di pekerjaan baru saya dan akan meningkat jika manajer merasa saya pantas mendapatkannya.
-    Gaji pokok berada pada level yang bisa diterima oleh para karyawan untuk bergabung bersama perusahaan kita dan juga akan menerima berbagai macam bonus jika mereka mampu berprestasi.
-    Jika anda sedang berusaha untuk mendapatkan karyawan baru, menawarkan gaji pokok yang bagus akan membantu anda untuk mendapatkan kandidat yang paling berkualitas.

Referensi:
http://smallbusiness.chron.com/difference-between-base-salary-total-compensation-21449.html

No comments:

Post a Comment