Thursday, February 18, 2016

Pengertian tes bakat

Tes bakat adalah tes pemilihan karyawan (seperti misalnya tes IQ) yang mana kemampuan alami para kandidat dan kemampuan potensialnya dalam berprestasi (bukan pengetahuannya) dipastikan.

Penggunaan tes bakat untuk menyaring para pelamar kerja yang potensial telah lama menjadi praktek standar di hampir seluruh sektor. Bahkan prosedur itu telah menjadi bagian yang penting dan integral dari proses wawancara secara keseluruhan.

Sekarang ini, lowongan kerja apa saja menarik minat banyak sekali kandidat potensial. Dengan menyaring para pelamar kerja ini bisa membantu mengurangi jumlah mereka menjadi ukuran yang lebih berkualitas yang lalu akan menuju kepada fase penyaringan yang lebih intensif.

Jenis-jenis tes bakat:
-    Tes keterampilan: Ini adalah tes yang relatif mudah karena berhubungan dengan fungsi penting dari pekerjaan yang hendak ditangani, seperti misalnya keterampilan dalam hal pembukuan.
-    Tes pengetahuan: Tes ini didesain untuk mengukur seberapa banyak seorang kandidat mengetahui aspek-aspek dari pekerjaan yang ia inginkan.
-    Tes kemampuan: Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif atau mental para kandidat. Tes kemampuan berhubungan dengan unjuk kerja. Para kandidat diterjunkan ke dalam skenario pekerjaan dan meminta mereka untuk menjelaskan apa yang akan mereka lakukan dalam menangani situasi tertentu.
-    Tes kepribadian: Ada banyak jenis tes kepribadian. Tapi yang paling sering digunakan dalam penyaringan tenaga kerja adalah lima faktor dasar dari kepribadian, yaitu (1) keterbukaan terhadap pengalaman, (2) ekstroversi, (3) keramahan, (4) kesadaran, dan (5) stabilitas emosional.

Kelebihan dari tes bakat
-    Studi menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tes bakat secara akurat bisa memprediksi potensi sukses.
-    Tes bakat juga relatif akurat dalam hal memahami kekuatan dan kelemahan seseorang.
-    Tes bakat juga bisa memungkinkan para kandidat untuk mengenali jenis-jenis kemampuan yang dibutuhkan dalam suatu posisi. Dengan begitu mereka bisa merasa apakah mereka orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Kekurangan dari tes bakat
-    Tes bakat bisa memakan biaya besar bagi perusahaan.
-    Setiap pekerjaan membutuhkan skill yang berbeda dan tes tersebut harus secara akurat merefleksikan kebutuhan tersebut.
-    Juga sangat penting untuk dipertimbangkan bahwa tes tersebut memakan banyak waktu. Waktu adalah uang.
-    Tes tersebut harus dijaga tetap sesuai dan relevan dengan perkembangan dunia bisnis yang terus berubah. Kebutuhan perusahaan sekarang ini bisa jadi berbeda dengan kebutuhan setahun lalu.

Referensi:
http://www.humanresources.com/1565/can-aptitude-tests-really-predict-employee-success/

No comments:

Post a Comment