Saturday, February 20, 2016

Pengertian bonus

Bonus adalah kompensasi tambahan yang diberikan kepada seorang karyawan yang nilainya di atas gaji normalnya. Bonus bisa digunakan sebagai penghargaan terhadap pencapaian tujuan-tujuan spesifik yang ditetapkan oleh perusahaan, atau untuk dedikasinya kepada perusahaan.

Pengertian lainnya dari bonus:
-    Dividen yang dibayarkan kepada para pemegang saham dari dana yang dihasilkan dari tambahan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.
-    Apa saja yang melebihi ekspektasi.

Program-program bonus merefleksikan definisi perusahaan mengenai kesuksesan, bagaimana definisi tersebut diukur, dan sampai batasan mana ukuran tersebut berada.

Bonus merupakan program yang wajar dalam setiap perusahaan. Alasannya adalah karena perusahaan percaya terhadap filosofi “memberi imbalan untuk prestasi” dimana bonus terkait erat dengan dua ukuran penting berikut: seberapa bagus kinerja anda berdasarkan ekspektasi manajer anda; dan seberapa bagus kinerja perusahaan berdasarkan apa yang ia harapkan.

Ekspektasi prestasi individu dan kelompok adalah sangat sulit untuk ditentukan, karena bisa jadi mereka terlalu ambisius atau terlalu mudah untuk dicapai. Yang terbaik adalah para karyawan menentukan tujuan pencapaian untuk tahun depan setelah hasil tahun ini diketahui. Tapi, manajer sebaiknya menghindari godaan untuk mendasarkan tujuan pencapaian para karyawan pada tahun prestasi yang luar biasa. Jika itu terjadi, maka karyawan dan manajer bisa mengalami kekecewaan. Para manajer juga memberikan bonus-bonus diskresioner, yaitu bonus-bonus yang tidak terikat kepada target pencapaian formal, saat menentukan tujuan pencapaian formal menjadi terlalu sulit.

Bergantung kepada program bonus dan jabatan anda dalam organisasi, bonus anda mungkin ditentukan bukan hanya oleh prestasi anda sendiri, tapi juga oleh prestasi tim atau kelompok kerja anda. Dalam beberapa program bonus, perusahaan harus mencapai targetnya sendiri jika para karyawan ingin mendapatkan bonus. Contohnya, perusahaan mungkin harus mencapai minimal penerimaan bersih tertentu, atau kepuasan pelanggan pada level tertentu, atau posisi kompetitif tertentu di dalam pasar.

Bonus-bonus insentif tahunan dimaksudkan sebagai sarana motivasional. Mereka didesain untuk memberi penghargaan kepada para karyawan untuk menjalankan tanggung jawab mereka dan untuk memberikan hasil yang superior. Tapi perusahaan perlu berhati-hati dalam menetapkan tujuan atau target kepada para karyawannya. Jika tujuan atau target yang diberikan kepada para karyawan tidaklah realistis, maka kedua belah pihak bisa mengalami kekecewaan. Karyawan merasa kecewa dengan perlakuan perusahaan, dan perusahaan pun nantinya akan mendapatkan kekecewaan karena lama-kelamaan produktivitas para karyawan akan menurun sehingga bisa membahayakan masa depan perusahaan.

Referensi:
http://www.investopedia.com/terms/b/bonus.asp

http://www.salary.com/how-bonuses-work/

No comments:

Post a Comment