Tuesday, February 16, 2016

Pengertian uang

Uang adalah media apa saja atau catatan yang telah disahkan yang secara umum diterima sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa dan untuk pembayaran utang dalam negara tertentu atau dalam konteks sosial ekonomi, atau apa saja yang bisa diubah kepada bentuk tersebut. Beberapa fungsi dari uang diantaranya adalah: sebagai perantara pertukaran, penyimpanan nilai, dan kadang-kadang sebagai suatu perhitungan pembayaran yang ditunda. Media dan benda apa saja atau catatan yang telah disahkan yang memenuhi fungsi-fungsi tersebut bisa disebut sebagai uang.

Uang secara historis adalah suatu kemunculan fenomena pasar yang menetapkan uang komoditas, tapi hampir semua sistem uang kontemporer adalah berbasis uang fiat. Uang fiat, seperti cek apa saja atau catatan utang, adalah tanpa nilai manfaat sebagai komoditas fisik. Ia mendapatkan nilainya oleh karena dideklarasikan oleh pemerintah untuk menjadi alat transaksi yang legal; oleh karenanya, ia harus diterima sebagai suatu alat pembayaran di dalam batas-batas negara, untuk segala kebutuhan transaksi, baik itu secara publik atau personal. Aturan tersebut dalam prakteknya menyebabkan uang fiat untuk memperoleh nilai terhadap barang dan jasa apa saja yang diperdagangkan di dalam negara yang menerbitkannya.

Uang yang dipasok oleh suatu negara diantaranya adalah mata uang (dalam bentuk kertas dan koin) dan, bergantung kepada pengertian tertentu yang dipakai, satu atau lebih tipe dari uang bank (saldo yang ada di rekening, rekening tabungan, dan tipe lainnya dari rekening bank). Uang bank, yang hanya terdiri dari catatan saja, memiliki kontribusi terbesar terhadap perekonomian negara-negara maju.

Fungsi uang
Sebagai perantara pertukaran
Saat uang digunakan untuk menjadi perantara dari pertukaran barang dan jasa, ia menunjukkan fungsi sebagai suatu perantara pertukaran. Oleh karenanya ia menghindari inefisiensi dari sistem barter, seperti misalnya jika ada kebutuhan yang mendadak. Kegunaan uang yang paling penting adalah sebagai metode untuk membandingkan nilai dari barang atau jasa yang tidak sama.

Pengukuran nilai
Uang bertindak sebagai sebuah pengukuran standar dan penilaian mendasar dari perdagangan. Ia menjadi basis perhitungan dan tawar menawar harga.

Penyimpan nilai
Untuk bisa memainkan peranan sebagai penyimpan nilai, uang harus mampu untuk disimpan, ditabung dan diambil secara aman. Nilai uang juga harus tetap stabil dalam jangka waktu yang lama. Beberapa orang berpendapat bahwa inflasi, oleh karena mengurangi nilai dari uang, menurunkan kemampuan uang untuk berfungsi sebagai media penyimpan nilai.

No comments:

Post a Comment