Tuesday, February 16, 2016

Pengertian politik

Politik adalah praktek dan teori mengenai cara mempengaruhi orang lain. Politik meliputi pembuatan keputusan mendasar untuk sekelompok orang, suatu keputusan yang berlaku dalam cara yang sama terhadap seluruh anggota dari kelompok. Ia juga meliputi penggunaan kekuasaan oleh satu orang untuk mempengaruhi perilaku dari orang lain. Lebih sempit lagi, ia ditujukan untuk mencapai posisi dalam pemerintahan, mengambil alih kendali terhadap komunitas. Selain itu, politik adalah pembelajaran atau praktek dari distribusi kekuasaan dan sumber daya di dalam komunitas tertentu (biasanya populasi yang terorganisasi secara hirarkis) dan juga interrelasi diantara komunitas.

Berbagai macam metode diterapkan dalam politik, yang mana termasuk kepada mempromosikan atau memaksakan pandangan politik seseorang kepada orang-orang lainnya, bernegosiasi dengan subjek politik lainnya, membuat aturan hukum, dan menggunakan kekerasan, termasuk berperang melawan musuh-musuh. Politik diterapkan dalam berbagai tingkatan sosial, dari mulai klan dan suku dari masyarakat tradisional, sampai kepada pemerintah, perusahaan dan institusi serta dalam level internasional.

Seringkali dikatakan bahwa politik adalah mengenai kekuasaan. Sistem politik adalah suatu kerangka kerja yang mana mendefinisikan metode politik yang bisa diterima di dalam masyarakat tertentu.

Ada banyak bentuk dari organisasi politik, yaitu diantaranya negara, organisasi non pemerintah, dan organisasi internasional seperti misalnya PBB. Negara mungkin adalah suatu bentuk institusi yang dominan dari pemerintahan politik, dimana negara dipahami sebagai sebuah institusi dan pemerintah dipahami sebagai sebuah rezim yang berkuasa.

Korupsi dalam politik adalah penggunaan kekuasaan legal oleh pegawai pemerintah untuk memperoleh keuntungan yang tidak sah secara hukum. Penggunaan kekuasaan pemerintah untuk tujuan-tujuan lain, seperti misalnya represi terhadap lawan politik tidaklah dianggap sebagai korupsi.

Partai politik adalah organisasi politik yang berusaha untuk meraih dan memelihara kekuasaan politik di dalam pemerintah, biasanya dengan melalui kampanye pemilihan, atau aksi demonstrasi.

Ilmu politik, suatu pembelajaran politik, menelaah pengambilalihan dan aplikasi dari kekuasaan. Ilmuwan politik, Harold Lasswell, mendefinisikan politik sebagai “siapa mendapatkan apa, kapan, dan bagaimana”. Bidang studi lainnya yang berkaitan diantaranya adalah filsafat politik, yang mencari rasionalitas untuk politik dan etika dari perilaku publik; ekonomi politik, yang mencoba untuk mengembangkan pemahaman dari hubungan antara politik dan perekonomian serta pengaturan dari keduanya; dan administrasi publik, yang menelaah praktek-praktek dari pemerintahan.

No comments:

Post a Comment