Wednesday, February 24, 2016

Pengertian kesehatan mental dan penyakit mental

Kesehatan mental adalah keadaan pikiran atau kemampuan kita untuk mengatasi hal-hal dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di sekitar kita. Seseorang dengan kesehatan mental yang bagus biasanya merasa mampu dalam berhubungan dengan situasi berbeda setiap harinya. Saat kita memiliki penyakit mental, proses tersebut seringkali sangat sulit untuk dilakukan.

Sangatlah normal bagi setiap orang untuk mengalami masalah kesehatan mental, dalam arti melalui dan mengalami pasang surutnya kehidupan. Hanya saat kesulitan-kesulitan tersebut terlalu lama bertahan dan merasa tidak ada yang bisa membuatnya sirna adalah saat dimana itu dipertimbangkan sebagai sebuah penyakit mental.

Apa yang menyebabkan penyakit mental?
Mendiagnosa suatu penyakit mental bukanlah tugas yang mudah karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Mustahil untuk menentukan secara tepat hal-hal yang menyebabkan penyakit mental, dan seringkali merupakan kombinasi dari beberapa hal berbeda. Beberapa hal yang mungkin berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental adalah:

-    Faktor biologis. Penyakit mental bisa diturunkan secara genetis dari orangtua kepada anak-anak mereka. Hormon-hormon juga adalah faktor biologis lainnya yang berperan dalam kondisi kesehatan mental kita.
-    Trauma masa lalu. Kejadian-kejadian traumatis yang terjadi saat kita masih kecil, seperti misalnya diabaikan atau dilecehkan, bisa memiliki pengaruh kuat terhadap kesehatan mental kita di kemudian hari.
-    Kejadian di masa kini. Ada banyak kejadian yang bisa mempengaruhi kesehatan mental kita, seperti misalnya stres yang dialami di tempat kerja, atau kejadian traumatis seperti misalnya kehilangan seseorang yang kita cintai.
-    Faktor internal. Penyakit mental juga bisa dipengaruhi oleh pemikiran dan perasaan yang datang dari dalam diri kita sendiri. Ini bisa termasuk kepada hal-hal seperti kondisi tubuh atau kepercayaan diri kita.
-    Penyalahgunaan obat-obat terlarang. Obat-obat terlarang, termasuk alkohol, memiliki efek-efek tertentu terhadap otak kita dan akibatnya sangat tidak bisa diprediksi. Salah satu efek mendasar dari mengkonsumsi terlalu banyak obat-obat terlarang adalah akibat negatif terhadap kesehatan mental kita.

Referensi:
http://au.reachout.com/what-is-mental-health

No comments:

Post a Comment