Wednesday, February 24, 2016

Pengertian kewirausahaan

Kewirausahaan adalah pengembangan suatu bisnis dari bawah sampai menuju ke puncak kesuksesan atau seseorang yang memiliki ide lalu mengubahnya menjadi bisnis yang menguntungkan. Tapi, sementara definisi dari kewirausahaan adalah sangat sederhana, pelaksanaannya adalah jauh lebih sulit dari yang dikira kebanyakan orang.

Kewirausahaan memerlukan peluang yang tepat, menemukan sumber daya-sumber daya (seperti misalnya pendanaan dan perlengkapan) untuk mengejar peluang tersebut dan menciptakan tim yang tepat untuk melakukannya. Orang-orang yang berpikir tentang memulai bisnis mereka sendiri harus benar-benar menyadari bahwa kewirausahaan yang sukses melibatkan banyak hal, lebih dari sekedar memiliki konsep yang hebat. Sangat penting untuk diketahui dari awalnya bagaimana anda akan merangkul para pelanggan potensial dalam cara yang paling efektif dan terjangkau.

Walaupun tidak ada karakter spesifik yang dimiliki oleh semua pengusaha, ada karakteristik tertentu yang dimiliki oleh kebanyakan pengusaha sukses, yaitu:
-    Kemampuan untuk merencanakan: Pengusaha harus mampu mengembangkan rencana bisnis untuk meraih tujuan dalam berbagai area, yaitu finansial, pemasaran, produksi, penjualan dan personil.
-    Kemampuan komunikasi: Pengusaha harus mampu menjelaskan, mendiskusikan, menjual dan memasarkan barang dan jasa mereka.
-    Keterampilan pemasaran: Keterampilan pemasaran yang bagus, yang hasilnya orang-orang ingin membeli barang atau jasa anda, adalah sangat penting bagi kesuksesan kewirausahaan.
-    Keterampilan interpersonal: Kemampuan ini adalah untuk membangun dan menjaga hubungan positif dengan para pelanggan dan klien, para karyawan, pemberi pinjaman modal, investor, pengacara, dan akuntan serta pihak-pihak lainnya. Kemampuan ini sangat krusial untuk kelangsungan hidup perusahaan.
-    Keterampilan manajemen dasar: Meskipun pengusaha bisa mempekerjakan orang lain untuk menjalankan kegiatan harian dari bisnis, ia harus mengetahui apakah perusahaannya telah berjalan dengan lancar atau tidak.
-    Keterampilan kepemimpinan: Kemampuan untuk mengembangkan visi dari perusahaan dan untuk menginspirasi para karyawan untuk mengejar visi dan misi perusahaan adalah sangat vital untuk kesuksesan perusahaan.

Apakah anda berminat terjun di dunia kewirausahaan dan menjadi seorang pengusaha? Bekerja secara mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain itu lebih bagus daripada sebaliknya. Apalagi sebagai pemilik usaha, anda bisa membantu mengurangi pengangguran dengan membuka lowongan kerja untuk publik.

Referensi:
http://www.businessnewsdaily.com/2642-entrepreneurship.html

No comments:

Post a Comment