Wednesday, February 17, 2016

Pengertian diskriminasi usia di tempat kerja

Diskriminasi usia di tempat kerja adalah perlakuan tidak adil dalam hal rekrutmen, promosi, atau pemberian hak istimewa di tempat kerja yang didasarkan atas usia dari seorang pekerja. Para karyawan yang masih muda dan sudah terlalu tua kadang-kadang mengalami diskriminasi usia di tempat kerja. Para majikan pada dasarnya tidak diperbolehkan untuk mempekerjakan, memecat, mempromosikan, atau memutuskan kompensasi untuk para karyawan berdasarkan usia mereka. Tapi, sangat sulit untuk menentukan apakah tindakan yang diambil oleh majikan dimotivasi oleh diskriminasi usia, atau oleh keyakinan murni bahwa seseorang bisa menampilkan prestasi kerja yang lebih baik dibanding lainnya.

Berikut ini beberapa contoh yang berpotensial terjadinya diskriminasi usia:
-    Anda tidak dipekerjakan karena majikan menginginkan orang yang tampak lebih muda untuk melakukan pekerjaan tersebut.
-    Anda dipecat karena bos anda menginginkan para pekerja muda yang bayarannya lebih murah.
-    Anda dihalang-halangi untuk mendapatkan promosi, yang pada akhirnya diberikan kepada seseorang yang lebih muda, karena si bos mengatakan bahwa perusahaan “membutuhkan darah segar”.
-    Saat perusahaan mengumumkan daftar karyawan yang dirumahkan, kebanyakan karyawan yang dirumahkan usianya lebih tua, sementara para karyawan muda dengan senioritas dan pengalaman kerja yang kurang tetap dipertahankan.

Seperti itulah yang terjadi di luar negeri dan mereka dilindungi oleh hukum jika mengalami diskriminasi usia di tempat kerja. Saya kurang tahu apakah di negara kita ada atau tidak aturan yang mengatur tentang diskriminasi usia.

Contoh penggunaan kata diskriminasi usia dalam kalimat
-    Pria tua itu menghadapi banyak sekali diskriminasi usia saat mencoba untuk memasuki kembali bursa tenaga kerja setelah memutuskan untuk pensiun.
-    Anda harus memastikan bahwa tidak ada diskriminasi usia di perusahaan tempat anda bekerja.
-    Oleh karena karyawan baru tersebut masih sangat muda dan baru saja lulus kuliah, rekan-rekan kerjanya yang jauh lebih tua memperlakukan dia secara tidak adil hanya karena diskriminasi usia.
-    Seharusnya dia pantas mendapatkan promosi karena dia memiliki prestasi kerja yang gemilang, tapi nyatanya selalu saja dia dipinggirkan karena di perusahaan tersebut memang sering terjadi diskriminasi usia. Yang lebih tua dan berpengalaman lebih diprioritaskan untuk mendapat promosi dibanding yang masih muda.

Referensi:
http://www.workplacefairness.org/age-discrimination#1

No comments:

Post a Comment